Makanan Khas Melayu Deli yang Patut Dicoba Saat ke Medan

Makanan Khas Melayu Deli
Makanan Khas Melayu Deli yang Patut Dicoba Saat ke Medan

Makanan Khas Melayu Deli – Medan, Sumatera Utara memang identik dengan budaya Bataknya yang khas. Tapi tidak bisa dipungkiri dahulu Medan adalah pusat kerajaan Melayu Deli, terbukti dengan berdirinya Istana Maimun Dan Mesjid Raya Medan yang merupakan peninggalan kesultanan Melayu Deli.

Kota Medan memang didiami masyarakat yang multi etnik. Jadi tidak mengherankan kalau kota ini memiliki kekayaan kuliner yang beragam, salah satunya kuliner Melayu Deli.

Berikut Makanan Khas Melayu Deli yang enak, patut sekali di coba saat mampir ke Kota Medan.

  • Kue Rasidah

Konon katanya kue rasidah yang bertekstur lembut ini merupakan hidangan untuk kalangan bangsawan pada zaman dahulu. Kue yang merupakan campuran rempah seperti cengkeh, daun pandan dan kayu manis ini biasanya dihidangkan dengan taburan bawang goreng di atasnya, unik ya.

  • Anyang

Anyang ini sekilas mirip dengan urap sayuran. Tetapi sebenarnya memiliki perbedaan pada rempahnya, jika urap cenderung manis pedas. Namun anyang ini cenderung terasa asin dan pedas. Selain itu anyang hanya menggunakan sayuran pakis.

  • Roti Jala

Roti Jala ini adalah menu yang tidak pernah ketinggalan pada acara-acara orang Melayu Deli. Roti jala ini sering dipasangkan dengan kuah kari kambing melayu. Sudah bisa dibayangkan betapa gurihnya makanan satu ini.

  • Halua

Halua atau manisan buah dan sayur. Halua merupakan makanan kebanggaan orang Melayu Deli. Buah-buah asam, pedas, kecut, pedas dan pahit lah yang menjadi bahan untuk manisan. Seperti cabai, Asam Gelugur, betik dan terung.

  • Pajri Nanas

Nanas dimasak dengan kuah kari, sekilas pajri nanas terlihat seperti itu. Rasa gurih, asam dan manis bercampur dalam satu gigitan. Nah, nah kalau biasanya nanas di makan sebagai buah segar atau di jadikan acar sebagai pelengkap makanan, kali ini nanas berperan sebagai lauk, alias dimakan dengan nasi. Penasaran bukan?

  • Bubur pedas

Meskipun rasa bubur ini tidak terasa pedas namun dikatakan pedas karena ragam bumbu dan rempah yang terkandung dalam bubur pedas ini konon katanya di masa lalu terdapat 100 ragam bumbu dan rempah. Bubur pedas ini juga biasanya disajikan dengan anyang. Kebayang nggak betapa gurih rasa bubur pedas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *