Makanan Vegetarian Dapat Menurunkan Penyakit Kanker

Makanan Vegetarian
Makanan Vegetarian Dapat Menurunkan Penyakit Kanker

Makanan Vegetarian – Diet dikenal baik untuk pengobatan berbagai penyakit seperti diabetes dan hipertensi. Tetapi, baru-baru ini sebuah penelitian telah menemukan bahwa diet juga dapat membantu pengobatan kanker.

Studi yang dipublikasikan pekan lalu di jurnal Nature, seperti dikutip AFP, menunjukkan bahwa dengan membatasi asupan asam amino yang ada pada daging dan telur, secara signifikan dapat meningkatkan pengobatan kanker (pengujian pada tikus) dan juga memperlambat pertumbuhan tumor.

Makanan Vegetarian Dapat Menurunkan Penyakit

Jason Locasale, seorang profesor di Sekolah Kedokteran Duke University yang sekaligus ketua peneliti mengatakan, efek dari diet ini sangat kuat. “Layaknya obat yang benar-benar mujarab,” ujarnya.

Dia juga beranggapan bahwa diet dapat membantu efektivitas obat dan juga terapi radiasi.

Studi ini berfokus pada membatasi asupan asam amino metionin, yang merupakan kunci untuk proses yang disebut one-carbon metabolism, dimana hal ini dapat membantu pertumbuhan sel antikanker.

Pembatasan metionin dikenal karena berhubungan dengan anti-penuaan dan penurunan berat badan, tetapi diharapkan juga dapat membantu meningkatkan kualitas pengobatan kanker.

Pengujian pada tikus

Awalnya, para peneliti menguji pembatasan metionin pada tikus sehat untuk mengonfirmasi bahwa pembatasan memiliki efek yang diinginkan pada metabolisme tikus. Penelitu kemudian mencoba mengujinya pada tikus dengan kanker kolorektal dan tumor jaringan lunak yang dikenal sebagai sarkoma.

Mereka menemukan bahwa kemoterapi dengan dosis yang rendah, yang dikenal kurang efektif pada kanker kolorektal, ketika dikombinasikan dengan pembatasan metionin dapat menyebabkan penghambatan pertumbuhan tumor.

Locasale menjelaskan bahwa dengan cara ini, manusia dapat membuat sel kanker kelaparan akan nutrisi tertentu. “Hasilnya tidak boleh diekstrapolasi selain pada kanker yang diuji sejauh ini,” katanya.

Locasale dan rekan-rekannya memperluas penelitian dengan menguji diet pembatasan metionin pada enam orang sehat, dan menemukan bahwa efek pada metabolisme manusia tampak serupa dengan metabolisme tikus.

Hal ini menunjukkan bahwa program diet ini bisa saja memiliki efek yang serupa pada tumor tertentu yang diderita manusia, meskipun Locasale memperingatkan masih terlalu dini untuk menarik kesimpulan yang pasti.

Tom Sanders, seorang profesor emeritus nutrisi dan dietetika di King’s College London, juga memperingatkan bahwa tidak ada bukti dari penelitian ini yang menyatakan bahwa makanan vegatarian dapat membantu pasien kanker.

Locasale mengatakan bahwa dia berharap untuk menguji penelitian pada penderita kanker, namun penelitian gizi seringkali kesulitan untuk memberi dana karena kualitas dari perawatan ini belum jelas. Meskipun demikian, dia sangat yakin bahwa diet memainkan peran penting dalam pengobatan kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *