Manfaat Matahari Bagi Bumi Dengan Fungsi Masing – Masing

Manfaat Matahari Bagi Bumi
Manfaat Matahari Bagi Bumi Dengan Fungsi Masing - Masing

Manfaat Matahari Bagi Bumi – Selain cahaya matahari digunakan oleh manusia, cahaya matahari juga digunakan oleh makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Hewan menggunakan cahaya matahari untuk menghangatkan tubuhnya, sementara tumbuhan menggunakan cahaya matahri untuk membuat makanannya. Tumbuhan memang tidak bisa bergerak denga cara berpindah tempat untuk mencari makanan, sehingga tumbuhan dikaruniai kemampuan untuk menciptakan makanannya sendiri dengan batuan cahaya matahari.

Dengan proses fotosintesis ini, tumbuhan dapat menghasilkan gas oksigen yang sangat berguna bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi. Oksigen merupakan gas yang dihasilkan oleh tumbuhan pada saat fotosintesis. Oksigen dibutuhkan oleh semua makhluk hidup untuk bernafas. Oksigen dibuat pada saat cahaya matahari memisahkan air dari gas di dalam daun.

Tumbuhan memiliki stomata yang sangat berguna. Stomata merupakan pori-pori kecil yang terdapat pada permukaan daun. Stomata bekerja untuk menyerap karbondioksida dari udara, kemudian mengeluarkan oksigen ke udara. Kadar air yang terkandung pada tumbuhan dapat memengaruhi proses menutup dan membukanya stomata.

Tumbuhan juga memiliki getah yang juga sangat berguna. Getah pada tumbuhan dihasilkan dari air yang diserap oleh tumbuhan itu sendiri yang mengandung gula. Getah mengalir melalui pembuluh. Getah merupakan darah dari tumbuhan. Dalam getah terdapat dua macam pembuluh, yakni xilem dan floem. Xilem merupakan pembuluh yang mengangkut cairan getah dan garam mineral dari dalam tanah ke daun. Sedangkan, floem merupakan pembuluh yang mengangkut cairan getah ke ujung-ujung pada akar.

Manfaat Matahari Bagi Bumi

  • Sebagai sumber energy yang tak terbatas

Energy matahari dapat menjadi sumber energy panas yang tak terbatas pada manusia karena tidak akan pernah habis meskipun dipakai berulang-ulang. Energy matahari berbeda dengan sumber energy yang terbuat dari fosil yang dapat habis sewaktu-waktu apabila persediaan fosil sudah tidak ada.

  • Sebagai pengatur tata surya

Matahari merupakan pusat tata surya kita di dalam galaksi bima sakti. Planet-planet, termasuk bumi, serta satelit yang berada di dalam tata surya ini akan berevolusi mengelilingi matahari. Hal ini dikarenakan adanya gravitasi yang terdapat pada matahari yang dapat membuat planet-planet tersebut mengelilingi matahari dan membentuk tatanan tata surya pada galaksi bimasakti.

  • Membantu manusia beristirahat dengan baik

Konon, seseorang yang terpapar sinar matahari kurang lebih 6 jam setiap harinya akan merasa lebih segar pada petang hari terlebih apabila terpapar sinar matahari pada sore hari. Kemudian setelah larut malam, seseorang tersebut akan merasa lebih mengantuk sehingga dapat beristirahat dengan baik.

  • Sebagai pereda rasa sakit

Siapa yang menyangka bahwa sinar matahari dapat digunakan sebagai analgesic atau pereda rasa nyeri? Ya! Beberapa penelitian yang telah dilakukan universitas-universitas ternama menunjukkan bahwa sinar matahari dapat digunakan sebagai pereda rasa nyeri. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian terhadap pasien pasca operasi yang meras lebih nyaman dan tidak mudah stress setelah terpapar sinar matahari dibandingkan dengan pasien yang hanya tinggal di kamar.

  • Sebagai pembangkit listrik tenaga matahari

Matahari merupakan salah satu sumber energy panas yang kekal di bumi. Dengan semakin berkembangnya teknologi yang diciptakan manusia, energy matahari dapat dimanfaatkan menjadi pembangkit listrik tenaga matahari. Listrik dari energy matahari ini cukup aman dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi udara. Selama cahaya matahari masih ada, pembangkit listrik tenaga matahari ini akan selalu dapat dihasilkan

  • Sebagai penerangan alami

Matahari dapat memberikan cahaya pada bumi sehingga tidak menjadi gelap gulita. Cahaya yang berasal dari matahari ini membantu mata kita untuk melihat lingkungan sekitar selain dari cahaya lampu. Meskipun demikian, cahaya lampu membutuhkan energy listrik lain agar menyala sedangkan sinar matahari tidak membutuhkan apapun.

  • Membantu mengatur masa hidup manusia

Telah disebutkan diatas bahwa matahari sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Melaui siklusnya, cahaya matahari secara tidak langsung mempengaruhi genom manusia untuk menentukan berapa lama ia akan hidup.

  • Membantu pertumbuhan bunga dan daun

Untuk tanaman, energi matahari juga dapat membantu dalam pertumbuhan Bunga dan daun. Warna merah yang menjadi salah satu panjang gelombang matahari ini dapat diserap oleh tumbuhan guna pertumbuhan bunga serta pelebatan daun.

  • Membantu mengeringkan tanah

Beberapa jenis tumbuhan seperti bunga matahari sangat membutuhkan cahaya matahari dalam proses pertumbuhannya. Penanaman bunga matahari ini memerlukan tanah yang kering ketika persebaran biji dikrenakan ia akan mudah layu dan mati apabila tumbuh dalam tanah yang lembah. Nah dalam pengeringan tanah untuk menanam bunga matahari ini diperlukan cahaya matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *